Selasa (11/8), Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra membuka Kick Off IT Security Assessment (ITSA) yang dilaksanakan oleh Diskominfos Provinsi Bali bekerjasama dengan BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara). IT Security Assesment ini bertujuan untuk mengetahui celah keamanan serta kerentanan terhadap Aplikasi yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Bali untuk selanjutnya akan diberikan Penilaian dan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut.

Sekda Provinsi Bali berharap dengan adanya IT Security Assesment ini semua Aplikasi di Pemerintah Provinsi Bali dapat dijaga betul keamanannya agar sistem tidak mudah dimasuki oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab.

“Pemerintah Provinsi Bali melalui Reformasi Birokrasi beranjak dari sistem pemerintahan konfesional ke sistem digital. Kedepannya meja-meja di kantor harus bersih, tidak boleh ada lagi kertas-kertas berserakan di meja. Semua harus dilakukan dengan cara digital. Pemeriksaan juga harus berbasis elektronik” tutur Dewa Made Indra di depan peserta kick ITSA.

Selain itu Sekda Provinsi Bali juga mengharapkan SDM di setiap OPD harus siap dengan digitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali. ITSA yang dilakukan oleh 3 (tiga) orang tim BSSN akan melakukan pengujian terhadap 3 aplikasi pemprov Bali. Hasil assesment berupa laporan disertai rekomendasi.