FAQ

    Berikut adalah definisi-definisi seputar istilah dalam layanan informasi publik dan pertanyaan yang sering muncul,  yang dikemas dalam bentuk FAQ

    Apa saja dasar hukum dari layanan publik PPID di Pemprov Bali ?
    Pedoman Pelayanan Informasi Publik dan Dokumentasi di lingkungan Pemprov Bali diatur dalam Peraturan Gubernur Bali No. 47 Tahun 2013. Sedangkan  Keputusan Gubernur Bali No.2153/01-H/HK/2013 mengatur tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemprov Bali.

    Siapa yang disebut Pemerintah Daerah dalam Pergub Bali No.47 ?
    Pemerintah Daerah adalah Gubernur dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah di Provinsi Bali.

    Apa itu SKPD ?
    SKPD singkatan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah adalah unsur pembantu Gubernur dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang terdiri dari Sekretariat Daerah, Sekertariat DPRD, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah, Satuan Polisi Pamong Praja dan Lembaga Lain Bagian dari Perangkat Daerah.

    Apa itu Unit Kerja ?
    Unit Kerja adalah satuan organisasi perangkat daerah yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali.

    Apa yang disebut sebagai Informasi ?
    Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca, yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik dan non elektronik.

    Apa itu Informasi Publik ?
    Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh Pemerintah Provinsi Bali yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan/atau penyelenggara dan penyelenggaraan Pemerintah Provinsi Bali lainnya, serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

    Apa yang disebut sebagai Pelayanan Informasi ?
    Pelayanan informasi adalah jasa yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali kepada masyarakat pengguna informasi.

    Apa yang disebut sebagai Akses Informasi ?
    Akses informasi adalah kemudahan yang diberikan kepada seseorang atau masyarakat untuk memperoleh informasi publik yang dibutuhkan.

    Apa saja yang disebut sebagai Dokumen ?
    Dokumen adalah data, catatan dan/atau keterangan yang dibuat dan/atau diterima oleh Pemerintah Provinsi Bali dalam rangka pelaksanan kegiatannya, baik tetulis diatas kertas atau sarana lainnya maupun terekam dalam bentuk apapun, yang dapat dilihat, dibaca atau didengar.

    Apa saja termasuk dalam Dokumentasi ?
    Dokumentasi adalah pengumpulan, pengolahan, penyusunan dan pencatatan dokumen, data, gambar dan suara untuk bahan informasi publik.

    Siapakah Komisi Informasi ?
    Komisi Informasi adalah lembaga mandiri yang berfungsi menjalankan undang-undang dan peraturan pelaksanaan, yang menetapkan petunjuk teknis standar lanyanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan/atau ajudikasi non litigasi.

    Apa itu PPID ?
    PPID singkatan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggungjawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Pemerintah Provinsi Bali.

    Kalau PPID Pembantu ?
    Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pembantu selanjutnya disingkat PPID-Pembantu adalah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi yang berada pada Satuan Kerja Perangkat Daerah.

    Siapa yang bisa disebut pengguna informasi publik ?
    Pengguna informasi publik adalah orang/badan yang menggunakan informasi publik.

    Siapa saja yang bisa memohon informasi publik ?
    Pemohon informasi publik adalah warga negara dan/atau badan hukum Indonesia yang mengajukan permintaan informasi publik. Namun untuk menjaga penggunaan informasi dengan baik, setiap pemohon informasi wajib melengkapi persyaratan seperti identitas diri dan tujuan dari memperoleh informasi tersebut.

    Bagaimana cara saya mendapatkan informasi publik di Prov Bali ?
    Provinsi Bali telah memiliki portal website resmi di http://www.baliprov.go.id. Dalam portal tersebut, Anda dapat menemukan link ke berbagai website SKPD yang ada di lingkup Pemprov Bali. Namun untuk kemudahan Anda dalam melakukan pencarian dan mendapatkan informasi publik, Anda dapat langsung mengunjungi website resmi PPID Prov Bali di alamat http://ppid.baliprov.go.id.

    Apa yang harus saya lakukan jika tetap tidak menemukan informasi yang saya butuhkan di website ?
    Website PPID Prov Bali menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP) yang secara kontinyu diperbaharui. Namun jika Anda tidak menemukan informasi yang Anda butuhkan pada DIP tersebut, kami mempersilahkan Anda untuk mengisi formulir permohonan informasi.

    Bagaimana cara saya mengirimkan formulir permohonan informasi tersebut ?
    Anda dapat langsung datang ke PPID Prov Bali yang beralamat di Kantor Gubenur Bali, Gedung Unit V Lantai I dengan membawa formulir dan identitas diri. Atau Anda juga bisa menggunakan email untuk mengirimkan formulir dan identitas Anda ke email resmi PPID Prov Bali yaitu ppid@baliprov.go.id

    Berapa lamakah saya harus menunggu informasi yang saya mohonkan  tersebut ?
    Mekanisme telah diatur jelas dalam SOP PPID Prov Bali. Anda bisa mengakses menu Mekanisme Layanan pada website ini.

    Permohonan Informasi saya ditolak. Kemana saya harus mengajukan keberatan ?
    PPID Prov Bali berhak mengecualikan sebuah informasi jika informasi yang dimohonkan tersebut diputuskan DIKECUALIKAN oleh Tim Pertimbangan PPID Prov Bali. Begitu juga PPID Prov Bali berhak menghitamkan atau mengkaburkan beberapa bagian dokumen yang dianggap bersifat rahasia . Namun Jika Anda keberatan atas hal tersebut, Anda dapat mengajukan keberatan dengan mengikuti mekanisme yang sudah ada. Anda bisa mengakses menu Mekanisme Layanan pada website ini.

    Apa saya tidak boleh langsung ke SKPD bersangkutan untuk meminta informasi ?
    SKPD adalah PPID Pembantu yang menguasai informasi. Anda dipersilahkan langsung datang ke SKPD bersangkutan untuk meminta informasi. Mekanisme layanan informasinya adalah persis sama dengan PPID Utama.

    Apa arti dari istilah Uji Konsekuensi ?
    Uji konsekuensi adalah pertimbangan dengan seksama dan penuh ketelitian tentang dampak atau akibat yang timbul apabila suatu informasi dibuka dan adanya kepentingan publik yang lebih besar yang harus dilindungi dengan menutup suatu informasi publik.

    Apa yang disebut Sengketa Informasi Publik ?
    Sengketa Informasi Publik adalah sengketa yang terjadi antara badan publik dan pengguna informasi publik yang berkaitan dengan hak memperoleh dan menggunakan informasi berdasarkan ketentuan peraturan perundangundangan.

    Apa arti istilah Mediasi ?
    Mediasi adalah penyelesaian sengketa informasi publik antara para pihak melalui bantuan mediator Komisi Informasi.

     

    PPID Provinsi Bali berkomitmen untuk terus menyempurnakan layanan informasi publiknya kepada seluruh masyarakat. Jika Anda merasa masih ada sesuatu yang kurang berkenan dalam pelayanan informasi termasuk dalam penyediaan informasi, Anda bisa langsung mengirimkan kritik dan saran atau dapat langsung berkunjung ke PPID Prov Bali untuk berdiskusi.

RESUME JUDUL KORAN LOKAL BALI
  • RSS ERESUME KORAN Biro Humas Setda Prov Bali

    • Bali Tribune#Oknum Polisi Pembunuh Kabur Dari RS Jiwa#(hal.1) January 6, 2016
    • Pos Bali#Gubernur Perintahkan, Alirkan SPAM Petanu Tanpa water Meter#(hal.2) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Gubernur Harapkan Bali Jadi Destinasi Pariwisata Berkualitaa#(hal.1) January 6, 2016
    • Nusa Bali#Gubernur Minta Air Dialirkan Tanpa Water Meter#(hal.3) January 6, 2016
    • Denpost#Rambu Terpasang, Garis Lajur Sepeda Motor di Jl. Tjok Agung Tresna Lenyap#(hal.2) January 6, 2016
    • Tribun Bali#Saya Tak Mau Lagi Lawan Arus#(hal.8) January 6, 2016
    • Denpost#Organda Khawatir Angkutan Umum Makin Sekarat#(hal.2) January 6, 2016
    • Warta Bali#Pastika Sidak Pendistribusian Air Petanu#(hal.3) January 6, 2016
    • Pos Bali#Ceceran Beton di Jalan Diabaikan Provinsi#(hal.3) January 6, 2016
    • Pos Bali#Gubernur Pastika Kembali Ingatkan Pentingnya Moratorium#(hal.1) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Pasien RSJ Pembunuh Ipar Kabur#(hal.1) January 6, 2016
    • Bali Post#Distribusi Air PDAM dari SPAM Petanu Terganggu#(hal.2) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Pupuk Organik Perlu Disubsidi#(hal.1) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Distan Evaluasi Realisasi Program UPSUS Tahun 2015#(hal.11) January 6, 2016
    • Nusa Bali#SDM Bali Siap Hadapi MEA#(hal.2) January 6, 2016
    • Bali Tribune#Organda Sayangkan Sikap Dishub#(hal.4) January 6, 2016
    • Bali Post#Organda Sayangkan Sikap Dishub#(hal.2) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Aparat Harus Ambil Alih Kendali Keamanan Bali#(hal.1) January 6, 2016
    • Bali Tribune#Pemprov Lamban, Tambang Liar Marak#(hal.1) January 6, 2016
    • Fajar Bali#Gubernur Tinjau Water Meter Air Petanu di Waribang#(hal.3) January 6, 2016
  • TABLOID BALI MANDARA
  • BIRO HUMAS SETDA PROV BALI
    Website: birohumas.baliprov.go.id
    Email: birohuma@baliprov.go.id
    SMS Center: +62811 3881 875
    ALAMAT PPID PROVINSI BALI :
    Kantor Gubernur Bali Gedung Unit V Lt 1
    Jl. Basuki Rahmat Renon Denpasar Telp. (0361)224671 ext 506
    Email: ppid@baliprov.go.id