Rapat Koordinasi I PPID Provinsi Bali

Rapat Koordinasi yang diadakan pada hari Selasa Tanggal 30 Mei 2017 adalah rapat koordinasi pertamakali yang diselenggarakan pada Tahun 2017. Adanya restrukturisasi organisasi perangkat daerah di Pemerintah Provinsi Bali per Tahun 2017 membuat diperlukannya penyesuaian serta pemutahiran beberapa hal terkait dengan PPID termasuk pemutahiran Peraturan Gubernur. PPID Provinsi Bali mulai Tahun 2017 berada di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali dengan Keputusan Gubernur Bali 670/03-1/HK/2017 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali setelah sampai akhir Tahun 2016 berada di Biro Humas Setda Prov Bali.

Dalam rapat kali ini Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfos Prov Bali) Ir. I Nyoman Sujaya, M.T yang membuka langsung rapat koordinasi memaparkan bahwa Diskominfos Prov Bali akan menerapkan teknologi informasi dalam membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan PPID Provinsi Bali.  Hal ini didasari oleh keinginan Diskominfos Prov Bal untuk lebih bisa mempermudah dan menyempurnakan manajemen informasi publik sehingga layanan publik menjadi lebih baik.

Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Bali, I Gede Agus Astapa,S.Sos, M.M, yang pada kesempatan ini didaulat menjadi narasumber untuk memberikan pembekalan kepada seluruh PPID Pembantu di Pemprov Bali yang hadir sebagai peserta rapat, menyampaikan bahwa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan atau pelayanan informasi di badan publik dan bertanggung jawab langsung kepada atasan PPID. Salah satu tugas PPID adalah melakukan pengujian tentang konsekuensi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 dengan seksama dan penuh ketelitian sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan untuk diakses oleh setiap orang (untuk informasi dikecualikan) ketentuan Pasal 19 UUKIP.

Dalam rapat koordinasi ini juga, Kadiskominfos Prov Bali, disaksikan oleh Ketua KI Prov Bali, seluruh PPID di Pemprov Bali yaitu dari Pejabat Sekretaris Dinas/Badan dan Pejabat yang menangani TU, dari PPID Provinsi Bali, meluncurkan secara resmi sebuah sistem yang disebut dengan SIKI. SIKI adalah singkatan dari Sistem Keterbukaan Informasi. SIKI merupakan sebuah aplikasi dengan 2 basis yaitu berbasis website untuk pengelola layanan serta berbasis mobile Android untuk masyarakat. Dengan SIKI, masyarakat diharapkan akan bisa lebih mudah, lebih cepat dan tentunya lebih murah mendapatkan informasi publik yang diinginkan dan dibutuhkan. Dalam beberapa hari ke depan, database SIKI akan diisi dengan informasi-informasi publik oleh seluruh OPD sebagai PPID Pembantu di Pemprov Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *